background image

frequently asked question

F.A.Q

Pertanyaan : Bagaimana Prosedur standard checkup laptop?

1. Pemeriksaan UMUM
Pemeriksaan umum secara cepat, disaksikan oleh customer dengan menggunakan prosedur test umum yg mudah, diagnosa secara visual dan prediksi standard ( Pemeriksaan ini tidak dikenakan biaya alias GRATIS )

2. Diagnosa dan Observasi Detail
Pemeriksaan ini membutuhkan waktu 1-3 hari, ada proses bongkar pasang, dokumentasi catatan atau gambar, dan penyelidikan detail, berdasarkan pengalaman profesional kami, Biaya diagnosa dan dikenakan biaya pengecekan sebesar IDR 75.000 - 100.000 tergantung tipe laptop & tingkat kesulitan pembongkaran, biaya ini tidak kami bebankan lagi jika anda sudah menyetujui estimasi biaya perbaikan yang sudah kami infokan via SMS hanya dari 081334-009991

untuk beberapa kasus, kami bisa langsung memberitahu estimasi biaya, walaupun itu bukan jaminan untuk keberhasilan perbaikan.

Jika ketidaksanggupan dari pihak kami
jika sudah ada persetujuan biaya dan instruksi kerja dari klien/pelanggan dan ternyata dalam pelaksanaan pekerjaan terjadi ketidaksanggupan oleh kami, maka pelanggan dibebaskan dari seluruh biaya (GRATIS) dan laptop kami kembalikan utuh, rapih, beralasan, tanpa ada kecurangan apapun

Jika ketidaksanggupan dari pihak pelanggan...
jika kami telah menyampaikan kesanggupan kami memperbaiki dan sudah menyampaikan biaya perbaikan via SMS atau Telepon tetapi pelanggan tidak mengizinkan pengerjaan dilakukan maka Custemer hanya dibebankan hanya biaya diagnosa dan observasi detail sebesar 75.000 - 100.000 rupiah

Jika laptop sudah selesai atau tidak dapat di service maka akan ada pemberitahuan resmi dari no. 081334009991 maximal 1 bulan adalah lama pengerjaan laptop anda di kami

Standard Operational Procedures Layanan kami:

1. Pelanggan datang ke workshop, kami mendengarkan & mencatat keluhan
2. Kami akan berusaha menjawab pertanyaan2 pelanggan seputar kerusakan laptop, baik perkiraan harga, atau kemungkinan permasalahan sesuai kapasitas pengalaman kami
3. Jika pelanggan setuju dgn prosedur pengecekan lanjutan, kami akan meminta pelanggan untuk menandai bagian2 laptop sebelum kami bongkar, untuk menghindari kecurigaan dan upaya pencurangan,
4. Setelah kami periksa dan pelajari, Pemberitahuan kami sampaikan di awal mengenai lama perbaikan (tergantung antrian orderan kami) dan biaya fix atau estimasi perbaikan (pelanggan juga berhak datang melihat kerusakan)
5. Jika pelanggan setuju dengan biaya dan resiko pengerjaan, akan kami lanjutkan dengan prosedure perbaikan, sesuai dengan harga yang ditetapkan, waktu perbaikan max. 30 hari kerja (tergantung banyaknya pekerjaan kami dan tingkat kesulitan kerusakan)
6. Baik disetujui atau tidak disetujui oleh anda, laptop anda dijamin aman dan utuh, tidak ada yang dikurangi atau diambil tanpa sepengetahuan anda, demikian pula jika laptop anda tidak sanggup kami perbaiki dikarenakan kerusakan yang demikian parah dan banyak, atau diluar kemampuan kami,
9. Setelah perbaikan selesai, kami akan megkonfirmasi melalui nomer sms 081334009991
10. Untuk yang bertanya via telepon dan SMS, tolong sampaikan juga ke kami detail nama anda dan detail laptop, mulai dari merk, type, kode, kronologis kerusakan, umur pemakaian, dll



Pertanyaan: Bagaimana penjelasan detail tentang garansi dan pengembalian biaya service ?
Jawaban :
1. Garansi yang termasuk 2 bulan sparepart & 3 bulan service + ongkos adalah Pekerjaan perbaikan mainboard/ motherboard termasuk sparepart (SMD komponen, IC, Chipset, IO Controller) yang dikerjakan sebelumnya dengan gejala kerusakan yang sama.
2. Garansi yang termasuk 1 bulan sparepart & 2 bulan service + ongkos adalah komponen part laptop seperti, LCD/LED, Inverter, Kabel2, Processor, RAM, HDD (Bad Sector, MBR Correction, Smart Failures), CD/DVD/RW, Fan Heatsink, WIFI, LAN, Port USB, Switch, Panel dan Perbaikan Body atau casing, pembelian battery dan charger
3. Komponen/pekerjaan yang tidak mendapat garansi adalah instalasi driver (software), jasa pemasangan yang komponennya disediakan oleh pelanggan.

Service + Ongkos adalah garansi dimana pelanggan tidak dipungut biaya jasa pemasangan atau biaya jasa penggantian komponen, pelanggan hanya dibebankan harga komponen pengganti, dan sudah termasuk di dalamnya biaya pengecekan ulang untuk mengetahui penyebab kerusakan yang timbul dalam kurun masa garansi tersebut

Pengembalian biaya perbaikan dalam masa garansi (Full Money Back Warranty) dilakukan jika kami tidak sanggup melakukan perbaikan kembali (hanya dalam kurun waktu garansi sparepart max.1 bulan). Pengembalian biaya perbaikan tanpa potongan apapun, kecuali beberapa kasus multi kerusakan biaya pengecekan tetap dibebankan.

(Prosedur pengembalian uang hanya berlaku untuk pelanggan kota Malang dan rekanan dealer, Silahkan hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut)

Pertanyaan : Bagaimana prosedur garansi yang diterima atau berlaku?
Jawaban :

1.  Garansi berlaku jika segel garansi kami tidak sobek/rusak, dan bukan merupakan human error (kerusakan akibat kesalahan pemakaian dari pemakai seperti tertumpah cairan, terjatuh, force majeur bencana alam)

2. Tidak melewati jangka waktu garansi yang telah ditentukan, sesuai perjanjian sebelumnya dan tertera di resi tanda terima perbaikan (bon), berdasarkan jenis pekerjaan

3. Garansi hanya untuk kerusakan yang sama dengan gejala/kasus yang sama.

4. Penerapan klaim garansi pada kasus mati total (matot) tidak berlaku pada kasus intermitten (no display, blank, hang, no boot), demikian pula kasus kerusakan pada komponen terpisah (misalkan perbaikan mainboard, berbeda dengan perbaikan pada HDD atau layar display)

Pertanyaan: Berapa lama maximal pengerjaan laptop?
Jawaban : Proses pengerjaan laptop yg lama disebabkan oleh
1. tingkat kesulitan yang tinggi,
2. bekas servisan sebelumnya yang sulit atau akibat kesalahan diagnosis kerusakan,
3. ketidaktersediaan atau kelangkaan suku cadang pengganti (Spare parts),
4. keinginan pemilik laptop utk mencarikan mainboard/komponen pengganti,

Lama Pengerjaan maximal adalah 1 bulan atau 26 hari kerja, Apapun kendala dan kesulitannya, laptop akan tetap dikembalikan, kecuali ada permintaan khusus dari kami atau pelanggan untuk menambah waktu pengerjaan.

Pertanyaan : jam berapa buka dan tutupnya? jika hari libur atau hari minggu, masih bisa melayani klien?
Jawaban : Buka mulai senin sampai sabtu, kecuali Minggu dan hari2 besar keagamaan serta cuti resmi bersama, jam 9.30 pagi hingga jam 20.30 WIB max, Diluar hari kerja, atau pada hari libur, kami bisa melayani anda dengan syarat & ketentuan yang disetujui oleh kami

Pertanyaan: Bagaimana prosedur umum antrian pengerjaan laptop?
Jawaban :
1.  First Come First Serve (FCFS), siapa yg datang duluan, wajib didahulukan, pengecualian untuk kasus2 tertentu,
2.  Penanganan kasus kerusakan yg lebih ringan baru ke kasus yang lebih berat (sulit)
3.  Kami tidak mengutamakan pengerjaan untuk laptop yang  gagal service sebelumnya atau bekas diservis di tempat lain,
 4.  Klien berhak & wajib menanyakan perihal progress diagnosa laptopnya, silahkan hubungi support di nomer 081334009991 (jam kerja 09.00 hingga 20.30wib, selebihnya akan di proses hari kerja berikutnya)

Pertanyaan : Adakah kondisi/resiko yg menjadi lebih buruk setelah di bongkar/diserpis?
Jawaban : Ada, dan bisa terjadi, penanganan kami sesuai prosedur standar teknisi laptop/notebook professional dan bertanggung jawab, diharapkan pelanggan mengerti dan memahami hal2 seperti ini, pengerjaan barang2 elektronik sangat rumit, butuh waktu lama, dan mempunyai resiko

Contoh Perubahan kondisi :
Kondisi laptop normal tetapi sering mati mendadak, dapat menjadi blank atau mati total setelah kami cek di tempat kami selang beberapa jam.
contoh:
1. sudah sering diperbaiki sebelumnya, kesalahan diagnosa dapat memperparah kerusakan dan melemahkan komponen lain yang belum tentu rusak,
2. kondisi kotor dan lengket krn flux bekas serpisan sebelumnya,
3. menggunakan flux tradisional atau yg tidak cocok,
4. Chipset yg memang belum pernah diserpis tapi lemah krn pemakaian yg intensif (terkena panas berlebih dalam waktu yg lama)
5. Faktor kelembaban dan korosi pada permukaan PCB board (bekas tumpahan benda cair)

EXPECTING THE BEST AND PREPARED FOR THE WORST
jika terjadi kondisi lebih buruk, bukanlah keinginan kami sebenar2nya, untuk kasus2 seperti ini, diharapkan customer mengerti dan memahami resiko2 yg bisa terjadi, dan kami dapat dimintai tanggung jawab sebatas mengratiskan biaya2 yg ada dan menjelaskan kurang lebih kronologis prosedur service secara professional sesuai dengan standard operasional prosedural,  diharapkan klien mengerti kondisi barang serpisan tidak normal dan sindrom gejala bisa berubah, misalkan dari abnormal menjadi no display (blank) atau Mati Total (Matot)


Pertanyaan: Mengapa kami tidak memprioritas pengerjaan utk laptop dengan kategori gagal service?
Jawaban :
Umumnya laptop gagal service adalah laptop dengan kerusakan yang parah yang tidak dapat diperbaiki sebelumnya oleh teknisi selain kami, dalam hal ini kita anggap teknisi yg sebelumnya mempunyai skill yang sama baiknya dengan kami, demikianpun dengan alat dan pengalamannya.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah
1. Kerusakan yang memang sangat parah
2. Kesalahan diagnosa dan observasi menyebabkan kerusakan malah bertambah atau menjadi lebih sulit,
3. Sparepart yang sulit diperoleh sehingga penyedia jasa sebelumnya menyerah
4. Malpraktek dengan kesengajaan oleh oknum teknisi, termasuk pencurian komponen, atau menjadi bahan percobaan/belajar

kami menjamin jika kami tidak sanggup memperbaiki laptop anda, maka laptop anda tidak akan kami curangi, Kami tidak akan merusak reputasi & nama baik profesi kami, hanya untuk hal2 sepele seperti itu, kami berpikir maju dan panjang demi kenyamanan orang lain dan rekan sejawat sesama profesi teknisi

Kategori laptop gagal service adalah laptop yang mengalami kerusakan, yang sebelumnya sudah berusaha di lakukan perbaikan oleh teknisi lain, dan tidak mengalami perubahan

Pertanyaan : Mengapa ada biaya pengecekan?
Jawaban : kami menerapkan biaya pengecekan untuk mengganti waktu, tenaga dan layanan professional, administrasi, alat2 test, sumber daya lainnya, seperti. listrik, tempat, perkakas dll...

Pertanyaan : Bagaimana tingkat keamanan keseluruhan laptop klien di tempat anda?
Jawaban : Jelas Aman, kami sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanan dan keutuhan barang servisan anda, walaupun sebagai manusia biasa kami tidak dapat menjamin sepenuhnya jika terjadi hal2 yg diluar dugaan seperti musibah kejahatan, bencana alam, huru hara, kebakaran, dan kejadian yg tergolong force majeur, yg kiranya diluar kemampuan penanggulangan dan tanggung jawab kami

Pertanyaan : Jika ada part komponen yang tidak ada di laptop saya setelah dari tempat service ini, apakah saya bisa meminta pertanggungjawaban dari pihak penyedia jasa service
Jawaban : Bisa!, silahkan dikonfirmasikan dengan owner langsung, beliau akan langsung menangani permasalahan ini dengan anda, krn kami mengutamakan kejujuran, reputasi dan transparansi, beliau akan langsung turun menindaklanjuti klaim anda, sebagai manusia kadang kami bisa saja khilaf, tidak sengaja atau lupa...sekali lagi suatu ketidaksengajaan

Pertanyaan : Laptop saya bekas dari tempat service lain, udah coba banyak tempat service tapi tidak ada yg sanggup, seberapa besar kemungkinan jika diservice di tempat agan richard
Jawaban : Berdasarkan pengalaman kami memperbaiki selama ini, jikalau bekas serpisan tempat lain, probability hanya 30-50% bisa normal lagi, alasannya....
1. Bisa jadi kerusakannya memang sangat parah dan susah untuk ditelusuri, ketersediaan part suku cadang dan kerusakan jalur pada PCB juga bisa menjadi kendala,
2. Tergantung bagaimana prosedur penanganan kerusakan di tempat sebelumnya, berdasarkan pengalaman kami, kadang laptop datang dengan kondisi komponen2 yang seharusnya tidak berhubungan dengan kerusakan, malah diutak atik, kadang juga kita menemukan kondisi dimana komponen laptop sudah pada dicopotin oleh orang lain atau teknisi sebelumnya, tanpa pemberitahuan kepada pelanggan,
3. Ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman teknisi juga menjadi salah satu faktor terpenting, jika teknisinya hanya memperbaiki dengan pengalaman seadanya, maka kondisi kerusakan bisa menjadi lebih parah
4. Biaya perbaikan akan lebih mahal jika bekas service/perbaikan sebelumnya, apalagi di lakukan oleh oknum teknisi yang tidak berpengalaman dan tidak bertanggung jawab.

Pertanyaan : Apakah menerima perbaikan laptop dari pihak reseller/dealer, pihak ketiga atau toko lain? Bagaimana prosedurnya?
Jawaban : Bisa, dan menerima selama mengikuti aturan main kami sebagai penyedia jasa perbaikan

Pertanyaan : Apakah agan menerima perbaikan laptop dari luar kota/pulau, bagaimana prosedurnya?
Jawaban : Langkah2 prosedurnya adalah
 1. Pihak customer berkonsultasi dengan pihak kami, via SMS (Fast response) dan by phone tentang Type dan merek (mis. Toshiba M200/Acer Aspire 4520), Gejala/sindrom kerusakan (cth. No display/Mati total), Penyebab kerusakan (cth. Ketumpahan air/jatuh)
2. kami akan membuat estimasi lama perbaikan dan biaya (diluar biaya pengiriman)
3. Jika customer setuju, maka kami akan meminta klien untuk mengirimkan laptop beserta bagian2 yang dianggap perlu (jika klien bisa membongkar sendiri laptop itu)
4. Bagian2 yang diperlukan akan dikonsultasikan bersama dengan klien, tergantung kerusakannya.
5. Biaya pengiriman adalah mutlak tanggung jawab klien, kami tidak mengambil profit dari biaya pengiriman, sisa kelebihan uang akan kami kembalikan, dan jika terjadi kekurangan biaya pengiriman dari yg kami prediksi, jika tidak terlalu besar, akan kami tanggung, jika terlalu besar selisihnya maka akan kami informasikan kembali
6. Pengaturan perusahaan jasa pengiriman ditentukan oleh pihak klien saat mengirim barang, sedangkan pengiriman kembali akan kami negosiasikan dengan pihak pengirim menggunakan pilihan2 yang ada berdasarkan pengalaman kami,
7. Pihak kami saat ini menggunakan jasa perusahaan pengiriman kembali menggunakan antara lain..
    - JNE, 1-5 hari, tarif www.jne.co.id (asuransi, packing kayu, seluruh kota baik besar atau kecil)
    - Leuwigajah express, Minimal 10kg, biaya lebih murah jika diatas 10 kg (sebagian kota besar saja)
    - POS Indonesia, 3-10 hari, biaya lebih terjangkau (packing kayu, seluruh pelosok daerah)
 
 8. jika barang sudah sampai, maka kami akan segera mengabari pihak pengirim max. 2 x 24 jam, berikut dengan pemeriksaan kondisi dan kelengkapan laptop setelah kami terima, bahkan dengan dokumentasi gambar
 9. Setelah pemeriksaan kami akan segera melakukan prosedur pengecekan lanjutan utk menentukan berapa biaya FIXED atau ESTIMATED dan lama estimasi pengerjaan, dan diusahakan dalam koridor estimasi mendekati akurasi terbaik
 10. Pelanggan berhak & wajib menanyakan kabar daripada laptop dengan SMS atau telepon, berapa lama lagi waktu yang diperlukan jika dikategorikan kerusakan yg berat
 11. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau rusaknya paket disebabkan oleh kelalaian pihak pengiriman barang